Cara Input NUKS di Dapodik 2020

1 min read

Nomor Unik Kepala Sekolah atau yang sering kita sebut sebagai NUKS merupakan nomor khusus yang dikeluarkan dan di catat oleh LPPKS sebagai lembaga penjamin mutu yang bertugas untuk melaksanakan penyiapan, pengembangan dan permberdayaan kepala sekolah.

NUKS merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memilih calon kepala sekolah yang berkualitas, dari segi administratif dan akademik. Untuk mendapatkan NUKS ini sendiri tidaklah mudah, banyak proses yang harus anda lalui.

Dari proses pengusulan calon kepala sekolah, seleksi administratif, seleksi akademik, kemudian di lanjutkan dengan diklat calon kepala sekolah sebagai bentuk porgram pendidikan dan pelatihan khusus untuk calon kepala sekolah dan terakhir yaitu sertifikasi pengangkatan kepala sekolah.

Apakah Penting NUKS Pada Aplikasi Dapodik 2020

sangat penting, NUKS juga menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan tunjangan kepala sekolah, dengan mempunyai nuks maka bisa di katakan sudah layak dan sudah mempunyai standar yang jelas untuk menjadi kepala sekolah.

Cara Cek Nomor Unik Kepala Sekolah

Pada aplikasi Dapodik 2020 perlu anda ketahui ada inputan untuk memasukan Nomor Unik Kepala Sekolah, bagaimana sih cara mengeceknya!!

Cara mengeceknya cukup mudah anda dapat berkunjung ke laman http://lppks.kemdikbud.go.id/nuks/login.php untuk mengecek nomor unik kepala sekolah, masukan nama dan tanggal lahir, kemudian Cari.

Anda akan mendapatkan informasi seperti nama, NUKS, NIP dan Status

Cara Input NUKS di Dapodik 2020

Untuk menginput nomor unik kepala sekolah di Dapodik 2020, pertama silahkan anda buka aplikasi Dapodik anda. Login menggunakan akun kepala sekolah, selanjutnya klik tombol masuk.

Silahkan anda pilih Menu GTK – Guru  – Nama Guru, kemudian pilih tombol Ubah.

Skrol ke bawah, kemudian anda cari pada bagian Kompetensi Khusus, pilih Ya jika mempunyai lisensi kepala sekolah. Setelah itu anda tinggal masukan nomor unik kepala sekolah dan Simpan.

Jangan lupa untuk melakukan sinkronisai aplikasi dapodik anda agar semua data perbaikan yang telah anda input dapat tersimpan juga di sistem dapodik pusat, mungkin itu saja artikel saya mengenai cara input NUKS pada aplikasi dapodik 2020 semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkenan berkunjung di web kami udibaraid.

Budi Santoso Mobile Developer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.