Cara Hapus Grup Ubuntu Yang Dual Boot Dengan Windows 10

1 min read

Pernahkah anda mendengar dengan istilah Dual Boot,secara sederhana dual boot adalah suatu kondisi dimana sebuah komputer atau laptop mempunyai dua buah sistem operasi seperti halnya Linux dengan Windows.

Anda dapat mencoba sistem operasi seperti halnya linux tanpa harus menghapus sistem yang telah anda pakai, hebat biaya dan tentunya tidak harus membeli hardware baru untuk menggunakannya.

Perlu anda ketahui juga menggunakan dual boot tentunya menghabisakan ruang kosong pada hardisk, pada artikel ini saya tidak membahas lebih lanjut mengenai Dual Boot melainkan bagaimana cara menghapus grup ubuntu yang dual boot dengan windows 10.

Sebelum kita melakukan penghapusan grub ubuntu, alangkah baiknya kita melakukan delete partisi terlebih dahulu.

Pertama silahkan anda masuk ke Disk Management, dengan cara tekan tombol Windows + R. Kemudian ketikan diskmgmt.msc  jangan lupa tekan [Enter]

Selanjutnya klik kanan pada partisi ubuntu, kemudian pilih Delete Volume. Jangan sampai salah ya, ingat delete partisi yang digunakan untuk sitem ubuntu bukan partisi windowsnya.

Setelah itu pilih Yes, konfirmasi bahwa anda benar benar akan menghapus partisi tersebut.

Untuk menghapus grup ubuntu ini saya menggunakan aplikasi bernama EasyBCD, silahkan anda download pada link berikut ini

Setelah anda download silahkan anda install, kemudian buka aplikasi EasyBCD tersebut. Silahkan pilih menu BCD Deployment, pada MBR Configuration Options anda pilih Install the Vista+ BCD/bootmgr bootloader

Selanjutnya anda pilih tombol Write MBR yang berfungsi untuk membuat loader dari windows aktif. Sehingga ketika booting berlangsung akan masuk ke windows

Tunggu hingga proses selesai.

Mungkin itu saja tips dari saya bagaimana cara delete grup dual boot linux, semoga bermanfaat. Bila ada pertanyaan atau saran, anda dapat meninggalkan pesan pada kolom komentar.

Budi Santoso Mobile Developer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.