Cara Sinkronisasi Dapodik 2020 b

1 min read

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat datang kembali di situs kami udibara.id, semoga anda di berikan kesehatan dan keselamatan untuk saling berbagi ilmu yang bermanfaat.

Jika pada aplikasi sebelumnya anda sebagai Operator sekolah masih dapat melakukan sinkronisasi, maka pada aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.b yang berhak melakukan proses sinkronisasi adalah peran Kepala Sekolah.

Meskipun ada fitur tukar pengguna bagi peran Operator Sekolah, namun tidak menutup kemungkinan ada yang bingung bagaimana alur proses sinkronisasi pada aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.b ini.

Cara Sinkronisasi Dapodik 2020 b Melalui Menu Tukar Pengguna

Untuk melakukan sinkronisasi silahkan anda masuk pada aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.b, masukan username dan password anda

Masuk ke [Pengaturan], kemudian pilih tombol [Tukar Akses Pengguna] 

Masukan Kode Registrasi Sekolah anda

Pilih Akun GTK, nah di sini berarti nama kepala sekolah anda, kemudian Pilih tombol [Tukar Pengguna]

Setelah itu anda masuk pada [Menu Validasi] – [Validasi Lokal]. Lakukan validasi pada menu Tab sekolah, Sarpras, Peserta Didik, GTK, Rombongan Belajar & Jadwal, Pembelajaran, Nilai dan Referensi, pastikan tidak ada data yang Invalid ya ges.

Masuk pada tahap berikutnya yaitu pilih [Menu Sinkronisasi], pilih saja [Lanjut]

Pada tahap ini anda di minta untuk ceklist atau konfirmasi sebelum anda melakukan sinkronisasi, pilih [+] Tampilkan untuk menampilkan semua data yang akan di konfirmasi, ceklist semua data, kemudian anda dapat memilih [Konfirmasi Isian Dapodik] 

Pilih tombol [Lanjutkan Sinkronisasi] untuk melanjutkan Proses Sinkronisasi.

Kemudian ada surat Pernyataan Integritas Data Dapodik, jika anda sudah yakin ingin melanjutkan Sinkronisasi  silahkan pilih tombol [Lanjut]

Kemudian Pilih [Ya]

Pastikan koneksi internet anda stabil, pada keterangan Koneksi Anda Dengan Internet : Connected, menerangkan bahwa anda terkoneksi dengan server dapodik pusat dan siap untuk [Sinkronisasi]

Jika anda  berhasil melakukan Sinkronisasi data lokal dengan server Dapodik pusat, maka akan terlihat seperti gambar berikut ini.

Demikian informasi dari kami yang bisa kami sampaikan, jika ada pesan dan kesan yang ingin di sampaikan silahkan tinggalan pesan di kolom komentar. Terima kasih dan sampai ketemu lagi pada artikel kami selanjutnya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Budi Santoso Mobile Developer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.