Cara Menggunakan PuTTY Remote Server

  • 2 min read
  • Sep 01, 2020

Remote access, mungkin anda pernah mendengar istilah ini sebelumnya? Dalam dunia teknologi khususnya jaringan Remote access menjadi suatu sistem yang sangat penting.

Anda dapat mengontrol atau mengendalikan suatu sistem dari jarak jauh dengan tempat yang berbeda, tentunya anda harus terkoneksi ke internet ya?

Mengenal Aplikasi Open Source PuTTY

Salah satu aplikasi atau tools yang sering dipakai untuk mengontrol sebuah sistem dalam hal ini server adalah PuTTY, sebuah aplikasi multi-platform untuk melakukan remote access, seperti RLogin, SSH dan Telnet.

Banyak yang menggunakan PuTTY karena kemudahannya, anda dapat melakukan konfigurasi dari jarak jauh tanpa harus datang langsung ke lokasi.

Cara Install PuTTy

Untuk menginstall PuTTy caranya cukup mudah, anda dapat mengunjungi https://www.putty.org/ Kemudian klik  here pada menu Download PuTTy.

Selanjutnya anda pilih yang versi installer (yang berekstensi .msi) untuk mendownloadnya, sesuaikan dengan sistem operasi komputer anda 32bit atau 64bit.

Klik 2 kali pada Installer PuTTy yang telah anda Download, kemudian pada dialog selamat datang. Silahkan anda klik > Next.

Pilih Destinasi Folder, biarkan Default saja. Kemudian >Next

Setelah itu anda dapat memilih Install.

Tunggu Hingga proses Install Selesai.

Kemudian Pilih Finish

Cara Menggunakan PuTTy

Jika anda ingin menggunakan PuTTY untuk melakukan koneksi SSH, ada dua cara yang perlu anda diketahui. Cara pertama yaitu menggunakan koneksi biasa, kemudian cara kedua dengan menggunakan public key.

Pada artikel ini saya ingin memberikan cara menggunakan PuTTy dengan koneksi biasa menggunakan SSH, anda cukup menyiapkan IP Address, Port, Username, dan Password Server yang ingin anda Remote.

Selanjutnya buka aplikasi PuTTy, kemudian masukan IP Address dan Port. Jangan lupa pilih radio button SSH-nya ya, selanjunya klik > Open.

Masukan Username dan Passwordnya ya agar bisa Login ke Server yang ingin anda Remote.

Kesimpulan

Tidak hanya mudah untuk di gunakan dan banyak fitur, aplikasi SSH clinet ini juga gratis loh. Demikian penjelasan saya mengenai cara menggunakan PuTTY, semoga mudah dipahami ya . .

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2021 ‧ UdibaraID ❤ Banjarnegara