Cara Mendaftar Dan Menggunakan Cloudflare

  • 2 min read
  • Okt 20, 2020

Mungkin sebagian dari anda, ada yang baru mendengar istilah CloudFlare. CloudFlare adalah Suatu jaringan pengiriman konten yang berperan sebagai proxy atau sebagai penghubung antara Server website dengan pengunjung.

Salah satu kegunaannya yaitu dapat menjadikan loading website menjadi lebih cepat, kerennya lagi CloudFlare dapat digunakan untuk meningkatkan keamanan sebuah website kalian.

Fungi CloudFlare

Jika kita menggunakan CloudFlare maka Nameserver secara otomatis akan mengikuti nameserver dari jaringan CloudFlare sehingga memungkinkan seluruh aktivitas ke dalam website akan tersaring dan dapat diakses lebih cepat. CloudFlare mempunyai beberapa fungsi antara lain sebagai berikut :

  • Untuk Mengawasi Tindakan Berbahaya di Website
  • Mengarahkan Pengunjung ke Koneksi yang Paling Cepat
  • Menyaring Komentar Spam
  • Memberikan Laporan Visitor
  • Mengurangi penggunaan dari Resource Server

Membuat Akun

Yang pertama kita akan membuat akun terlebih dahulu, silahkan anda kunjungi situs resmi cloudflare[com]. Kemudian pilih Sign Up

Selanjutnya anda diminta memasukan Email dan Password, kemudian pilih Create Account

Mengaktifkan CloudFlare

Setelah proses pendaftaran selesai, langkah selanjutnya yaitu mengaktifkan CloudFlare untuk website anda. Silahkan masukan nama domain website anda, kemudian pilih Add site.

Silahkan anda pilih rencana yang ingin anda gunakan, untuk percobaan kita pilih saja yang free. Jangan lupa klik Confirm plan

Tunggu hingga proses scannding selesai ya . .

Pada langkah ini pilih awan berwarna oranye (Orange Cloud) untuk mengaktifkan CloudFlare dan awan berwarna abu-abu (Grey Cloud) untuk menonaktifkan CloudFlare di DNS record tertentu. Silahkan anda pilih Continue untuk melanjutkan proses selanjutnya.

Di sini anda di minta untuk mengarahkan Nama Domain ke CloudFlare Nameserver anda, di bawah ini merupakan gambar informasi dari Nameserver CloudFlare anda.

Silahkan anda login ke Kontrol panel penyedia hosting, dimana domain anda sewa. Copy-kan Nameserver CloudFlare yang ada di atas ke Nameserver yang ada di Kontrol panel penyedia hosting domain anda.

Jangan lupa klik Done, check nameservers untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya. Jika sudah benar dan terhubung maka anda akan masuk ke pengaturan SSL/TLS. Silahkan pilih Full (strict).

Untuk pengaturan lainnya silahkan di default saja. Terakhir Klik Done.

Menggunakan CloudFlare merupakan salah satu cara untuk meningkatkan performa website anda, bagaimana ingin mencobanya?

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2021 ‧ UdibaraID ❤ Banjarnegara